• Home
  • Infomina
  • Menjaga Kualitas Air Tambak Udang dengan Mengatasi Penumpukan Bahan Organik

Menjaga Kualitas Air Tambak Udang dengan Mengatasi Penumpukan Bahan Organik

| Fri, 26 Apr 2024 - 16:08

Petambak udang di berbagai belahan dunia tentu sering menghadapi tantangan berupa masalah kesehatan udang yang dapat menghambat produksi dan mengakibatkan kerugian finansial. 


Salah satu faktor yang berpotensi menyebabkan penyakit pada udang adalah penumpukan bahan organik di dasar tambak. Artikel ini akan membahas penyebab penyakit udang, bagaimana penumpukan bahan organik dapat mempengaruhi kesehatan udang, hingga cara mengatasi masalah tersebut untuk meningkatkan kualitas air tambak udang.


Apa saja penyebab munculnya penyakit pada udang?

Penyakit pada udang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah yang berhubungan dengan tempat hidup udang yaitu air.Oleh karena menjaga kualitas air adalah sebuah kewajiban setiap petambak.


Contoh penyebab munculnya penyakit pada udang adalah kondisi lingkungan yang tidak ideal untuk kehidupan udang, manajemen tambak yang tidak tepat, sehingga memperbesar peluang untuk serangan patogen. 


Secara alami keberadaan patogen yang mendominasi dapat membuat udang lebih rentan terjangkit penyakit. Kondisi ini dapat terjadi jika tambak memiliki kualitas air yang buruk, penumpukan bahan organik di dasar perairan yang tidak dikelola dengan baik, hingga stres akibat perubahan lingkungan.


Pilihan probiotik untuk udang Anda


Pengelolaan Penumpukan Bahan Organik Tambak untuk Mencegah Penyakit

Bahan organik yang menumpuk di dasar perairan berasal dari sisa pakan yang tidak termakan selama kegiatan budidaya, kemudian dari pakan yang tidak tercerna dengan sempurna, dan juga dari sisa metabolisme dalam bentuk feses udang.


Penumpukan bahan organik tambak dapat menyebabkan menurunnya kualitas air karena proses dekomposisi bahan organik tersebut. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan kadar oksigen terlarut dalam air, peningkatan kadar amonia dan nitrit, serta pertumbuhan bakteri patogen. Kondisi lingkungan yang tidak sehat ini memicu timbulnya penyakit pada udang. 


Cara mengatasi penumpukan bahan organik di dasar kolam

Untuk mengatasi penumpukan bahan organik di dasar kolam, petambak udang dapat menerapkan beberapa langkah pengelolaan yang efektif. Salah satunya adalah memastikan distribusi oksigen yang baik. 


Selain itu, pembersihan dasar tambak secara berkala dan penggunaan probiotik tambak yang dapat mengurai bahan organik secara alami juga dapat membantu mengurangi penumpukan bahan organik dan meningkatkan kualitas air tambak.


ARIAKE KURO merupakan tablet arang yang berisi bakteri anaerob fakultatif yang berfungsi mengurai bahan organik di dasar kolam. Bentuknya yang tablet dapat langsung menuju dasar tambak ke tumpukan bahan organik.


Dapatkan produk ARIAKE KURO disini!


ARIAKE KURO mengandung bakteri Bacillus amyloliquefaciens strain D2018 dan Bacilllus subtilis strain D2558 yang dapat bekerja tanpa oksigen. Membantu menguraikan bahan organik dari sisa pakan dan organisme mati, menurunkan kadar amoniak, nitrit, dan nitrat.


Selain itu penambahan Ariake Kuro pada peraiaran Anda adalah mengatasi masalah H2S, serta meningkatkan nilai redoks potensial tanah. Penumpukan bahan organik pada dasar tambak dapat Anda kelola dengan baik untuk menjaga kualitas air tambak. 


Gunakan layanan digital marketing Minapoli secara mudah dengan menghubungi marketing@minapoli.com. Konsultasikan juga strategi marketing perusahaan Anda dengan Minapoli disini!


Artikel lainnya

Udang 

Tren dan Proyeksi Udang Vaname Tahun 2022

Minapoli

915 hari lalu

  • verified icon8658
Udang 

Pengelolan Air di Tambak

Info Akuakultur

1744 hari lalu

  • verified icon12722
Udang 

How to Use Minerals Effectively in Shrimp Farming

Minapoli

796 hari lalu

  • verified icon3233
Udang 

Peran Lactobacillus sp. Untuk Meningkatkan Imun Udang

FisTx Indonesia

994 hari lalu

  • verified icon1755