• Home
  • Infomina
  • Meningkatkan Kualitas Air Tambak Udang dengan Injektor Oksigen

Meningkatkan Kualitas Air Tambak Udang dengan Injektor Oksigen

| Fri, 26 Apr 2024 - 16:39

Kualitas air yang baik adalah kunci keberhasilan dalam budidaya udang. Salah satu faktor utama yang mempengaruhi kualitas air adalah kadar oksigen terlarut. Seperti halnya manusia, udang juga membutuhkan oksigen untuk dapat hidup dan bertumbuh sesuai dengan harapan petambak. 


Saking krusialnya, oksigen juga menjadi salah satu faktor pembatas untuk tingkat survival rate dari udang. Optimalnya nilai oksigen terlarut dalam perairan adalaha 4-5 mg/l. Kurangnya oksigen dalam air tambak udang dapat memiliki dampak yang serius. Udang yang terkena kekurangan oksigen akan mengalami stres, menurunkan laju pertumbuhan, meningkatkan tingkat kematian, dan menjadi lebih rentan terhadap penyakit. 


Selain itu, penurunan kadar oksigen juga dapat memicu perubahan kimia dalam air, seperti peningkatan kadar amonia dan nitrit, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan udang.


Cara Menjaga Kadar Oksigen Tambak Udang agar Tetap Optimal

Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk menjaga kadar oksigen dalam tambak udang tetap optimal. Pertama, memastikan sirkulasi air yang baik dengan menggunakan sistem aerasi yang efisien. Selain itu, menghindari padat tebar yang tidak sesuai dengan carrying capacitynya dan overfeeding.


Kegiatan memantau secara teratur parameter air tambak Anda dapat membantu Anda untuk segera membuat keputusan ktika kadar oksigen tiba-tiba menurun. Ketika oksigen menurun, Anda dapat melakukan beberapa cara di antaranya adalah menyalakan kincir, aerator, atau injektor oksigen untuk menjaga kadar oksigen dalam keadaan ideal. 


Peran Injektor Oksigen di Tambak Udang 

Injektor oksigen dapat Anda jadikan pilihan untuk menyediakan oksigen terlarut yang dibutuhkan oleh udang secara merata. Venturi injektor oksigen Mazzei memiliki prinsip dasar menggunakan tekanan diferensial antara dua titik dalam aliran air untuk menghisap cairan atau gas ke dalam aliran tersebut. 


Injektor oksigen Mazzei tersedia dalam bahan stainless steel, polypropylene (PP), polyvinylidene fluoride (PVDF), dan polyvinyl chloride (PVC). Keunggulan injektor oksigen Mazzei adalah memiliki efisiensi tinggi, mudah dipasang dan dioperasikan, dan hemat biaya. 

Dapatkan informasi selengkapnya tentang Mazzei Disini!


Dengan menggunakan injektor oksigen yang tepat dan mengatur aliran udara yang sesuai, petambak udang dapat memastikan bahwa udang mereka berada dalam lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan dan kesehatan. 



Gunakan layanan digital marketing Minapoli secara mudah dengan menghubungi marketing@minapoli.com. Konsultasikan juga strategi marketing perusahaan Anda dengan Minapoli disini!


Artikel lainnya

Udang 

How to Feed Shrimp Effectively in Low Salinity

Minapoli

820 hari lalu

  • verified icon2059
Udang 

Langkah-Langkah Budidaya Udang Vaname

Nanobubble Karya Indonesia

543 hari lalu

  • verified icon3211
Udang 

Waspada Perubahan Cuaca pada Tambak Udang

Info Akuakultur

551 hari lalu

  • verified icon1616