• Home
  • Infomina
  • Konservasi Mangrove oleh Skretting Indonesia dan PT Indonusa Yudha Perwita untuk Keberlanjutan Lingkungan Budidaya

Konservasi Mangrove oleh Skretting Indonesia dan PT Indonusa Yudha Perwita untuk Keberlanjutan Lingkungan Budidaya

| Tue, 03 Jan 2023 - 14:02

Patrol, 28 Desember 2022 – Untuk menutup tahun, Skretting Indonesia bekerjasama dengan PT  Indonusa Yudha Perwita (Indonusa) menanam 3,000 bibit mangrove di Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Lebih dari 50 orang dari tim Skretting Indonesia, tim teknisi, tim laboratorium, karyawan Indonusa serta rekan-rekan dari Minapoli dan Trobos Aqua ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang bertujuan untuk mempertahankan kualitas dan keseimbangan lingkungan di Kawasan Patrol, Indramayu.


Dalam pembukaannya Bapak Ratno sebagai Farm Manager yang mewakili PT Indonusa Yudha Perwita mengatakan “Sebagai petambak udang, kami paham akan pentingnya konservasi mangrove. Kami rutin melakukan penanaman mangrove di sekitar lokasi tambak udang kami. Penanaman mangrove di sekitar bibir panai Patrol Lor ini sangat penting bukan hanya bagi kami yang memiliki usaha dibidang budidaya udang, melainkan juga untuk masyarakat sekitar. Hal ini dikarenakan tanaman mangrove akan berfungsi menahan abrasi dan juga bisa sebagai filter biologi. Kami senang sekali hari ini program kami didukung oleh Skretting Indonesia, yang tidak hanya sebagai mitra dalam melakukan bisnis, tapi kali ini kami bergandengan tangan untuk menjaga lingkungan pesisir dengan cara menanam mangrove.”


Baca juga: Peluncuran Pusat Induk Udang Berstandar Internasional di Bali


Wully Wahyuni, President Director Nureco Indonesia yang turut berpartisipasi dalam acara penanaman mangrove juga menjelaskan “Dalam melakukan bisnis, Skretting yang merupakan divisi akuakultur dari Nutreco memiliki ambisi untuk menjadi mitra utama dalam memimpin sustainable aquaculture industry. Kami memahami bahwa dalam proses memenuhi kebutuhan pangan dunia, akan memiliki dampak pada lingkungan. Maka, kami sebagai pemimpin global nutrisi hewan dan pakan budidaya, kerap melakukan kerja sama dengan stakeholders dari berbagai lapisan rantai pasok industri dengan harapan dapat mengurangi dampak lingkungan yang disebabkan oleh produksi pangan.”


Fauzan Bahri, Sales Director Skretting Indonesia menambahkan “Keikutsertaan Skretting Indonesia dalam acara penanaman mangrove kali ini yang diadakan oleh Indonusa karena kami berharap dengan menjaga ekosistem mangrove akan mendukung ekosistem pesisir yang lebih baik, serta keberlanjutan budidaya udang. Jika habitatnya kita perbaiki, kami berharap hal ini akan berdampak kepada rasio tingkat kelangsungan hidup komoditas budidaya, karena tentunya kesuksesan budidaya PT. Indonusa Yudha Perwita adalah kesuksesan kami sebagai stakeholder. Kami juga mengundang beberapa rekan kami dalam kegiatan ini agar berbagai stakeholders dapat berperan serta melestarikan lingkungan dan berharap akan diteruskan di kemudian hari.”


Informasi lainnya: Catatkan Sejarah, KKP Berhasil Kembangkan Induk Udang Unggul Vaname



Foto 1: Foto bersama tim dari Skretting Indonesia, Indonusa serta perwakilan undangan, dan media



Foto 2: Seremonial penanaman bibit mangrove (ki-ka: Ratno Timur- Manager Farm PT Indonusa Yudha Perwita, Wully Wahyuni – Presiden DIrektur Nutreco Indonesia, Dian – wartawan TROBOS Aqua, Fauzan Bahri – Sales Director Skretting Indonesia, Aditya – Sales Skretting Indonesia, Adie – Sales Skretting Indonesia, Rully S. Purnama – CEO Minapoli)


Artikel ini pertama kali ditulis oleh Skretting. Ketepatan informasi yang terdapat di dalamnya di luar tanggung jawab Minapoli.



Artikel lainnya

Terkini 

Menteri Kelautan dan Perikanan Lantik Sembilan Pejabat Baru

Minapoli

816 hari lalu

  • verified icon1796
Terkini 

Budidaya Ikan King Kobia Janjikan Keuntungan Berlipat

Info Akuakultur

1596 hari lalu

  • verified icon2958