• Home
  • Infomina
  • Warna Air Tambak Yang Bagus Untuk Udang Vaname

Warna Air Tambak Yang Bagus Untuk Udang Vaname

| Mon, 15 Feb 2021 - 14:02

Warna air budidaya udang yang bagus warna apa saja ?


Simak penjelasan kami kali ini. Karakter warna air di budidaya udang sangat beragam ataupun banyak. Sekarang ini kami akan mencoba menjelaskan mayoritas warna air sesuai dengan pengamatan di lapangan.


Mungkin ada warna hijau muda, hijau kemudian ada hijau kecoklatan. Adapula warna air coklat muda atau coklat keruh, ataupun ada warna air coklat tua.


Yang pertama adalah warna air hijau muda. Biasanya warna air hijau muda itu didominasi oleh plankton yang tumbuh pada kolam budidaya tahap persiapan. Plankton tersebut masuk ke golongan Chlorophyceae.


Jenis Chlorophyceae itu sangat banyak sekali antara lain, ada Chlorella, Oocystis ada juga Scenedesmus. Kemudian ada beberapa plankton kurang lebih 7-10% itu ada Cyanophyceae ataupun rotifer, ataupun protozoa.


Cara membentuk warna air hijau muda hingga hijau sedikit tua itu sangat mudah. Selama syaratnya yaitu adalah perlu pemberian mikro mineral improvium 1. Yaitu, memiliki kandungan ziolid,silika dan humic acid. 


Baca juga: Pengelolan Air di Tambak


Dengan cara pemberian improvium 1 sesuai dosis yang baik maka tahap persiapan dalam budidaya udang itu akan membentuk warna hijau muda hingga hijau yang kita inginkan. Namun apabila pemberian improvium 1 dilakukan secara berkala atau terus menerus ataupun dengan dosis yang berlebihan, maka air kolam budidaya saat persiapan cepat membentuk warna hijau menjadi lebih pekat. 


Sehingga dalam penggunaan improvium 1 perlu dicermati dengan baik. Jika dalam persiapan tambak warna air sudah timbul hijau artinya adalah fitoplankton sudah tumbuh atau plankton-plankton sudah tumbuh subur di perairan. Namun, apabila plankton tersebut terlalu banyak atau menimbulkan terjadinya blooming plankton atau blooming alga perlu diwaspadai. Karena dapat menimbulkan masalah bagi benur ataupun udang itu sendiri.


Kenapa wajib plankton atau fitoplankton hadir di tambak udang ? Itu sebabnya fitoplankton memberikan suatu dampak yang baik bagi keberhasilan budidaya udang. Kemudian fitoplankton juga berperan sebagai sumber makanan bagi udang.


Fitoplankton juga berperan sebagai penyeimbangan ekosistem budidaya di kolam. Namun, ada beberapa pembudidaya saat tahap persiapan warna air masih bening dan belum terbentuk plankton. Bagaimana cara supaya bisa membentuk plankton pada saat persiapan supaya air itu tidak menjadi bening lagi ?


Itu perlu adanya pemberian improvium 1. Fungsi pemberian improvium 1 adalah untuk menyuburkan perairan pada tahap persiapan. Sesuai dengan aturan dosis pada improvium 1 atau mikro mineral, warna air bening atau air itu belum ada mikroorganisme dari plankton. 


Itu disebabkan belum adanya nutrisi dari air tersebut, sehingga plankton tidak bisa tumbuh atau tidak bisa subur di perairan tersebut. Sehingga perlu ada bantuan mikromineral untuk menyuburkan tambak atau perairan budidaya udang di kolam tersebut.


Baca juga: Mencegah Penyakit Udang Berdasarkan Warna Air Tambak


Kedua adalah air berwarna hijau kecoklatan. Air yang berwarna hijau kecoklatan indikasinya yaitu plankton yang hidup di tambak memiliki banyak golongan. Yaitu dari golongan atau kelas Chlorophyceae, Bacillariphyceae, kemudian Phaeophyceae, dan rata-rata atau presentasinya hampir semuanya sama. 


Air hijau kecoklatan merupakan air yang stabil dalam berbudidaya udang apabila salah satu golongan plankton tersebut mati atau tersuksesi maka populasi dari plankton lainnya masih cukup untuk mempertahankan transparansi air. Kurang lebih berkisar antara 30 hingga 45 cm, transparansi atau kecerahan air di budidaya udang itu yang bagus adalah 20 hingga 45 cm. 


Apabila pada kondisi air pada kondisi air tambak berwarna hijau kecoklatan itu rata-rata antara 20 hingga 40 cm atau 30 hingga 45 cm. Apabila plankton terjadi kematian massal yang disebabkan banyak faktor anggap saja salah satunya adalah hujan dengan intensitas yang deras dan lama. Maka, terjadi kematian pada plankton sangat tinggi, sehingga transparansi air menjadi bening. 


Maka kandungan amoniak akan menjadi meningkat dan menyebabkan nafsu makan udang menurun, serta tubuh udang menjadi kotor terutama bagian abdomennya. Untuk menjaga warna air menjadi hijau kecoklatan dapat menggunakan mikro mineral seperti improvium 2 dan improvium 3. 


Improvium 2 sendiri berfungsi untuk dapat menyehatkan plankton khususnya zooplankton dan sekaligus mempercepat moulting pada kulit udang. Kemudian improvium 3 berfungsi untuk memelihara fitoplankton dan supaya mencegah terjadinya blooming alga atau kres plankton.


Beli Mineral Udang Improvium Udang (IU) 3 Disini!


Yang ketiga adalah air berwarna coklat muda. Pada dasarnya air yang berwarna coklat muda didominasi plankton kelas bacilariophyceae. Biasanya tumbuh hampir 100% rata-rata 90% populasi plankton yang berasal dari kelas tersebut. 


Anggap saja mungkin yang saya tahu, seperti Skeletonema, Costatum, Coscinodiscus, Navicula kemudian juga ada Pleurosigma, Triceratium dan sisanya sebagian kecil itu dari golongan fitoplankton yaitu chlorophyceae, rotifer, dan crustacean. 


Dengan warna air coklat muda mengindikasikan bahwa density plankton dalam air tambak tersebut masih rendah. Yaitu dibawah 10 pangkat 6 sel/ml. Dengan kecerahan estimasinya adalah kurang lebih 50 hingga 80 cm. Kemudian ph pada pagi hari normal yaitu 7,9-8,0 dan siang bisa naik menjadi 8,2 hingga 8,5. 


Ciri-ciri warna air coklat muda yaitu cenderung lebih mudah drop atau planktonnya mudah mati, kemudian timbul buih-buih atau busa. Dengan adanya buih atau busa dengan transparansi 50 hingga 80 cm harus hati-hati. 


Biasanya plankton tersebut banyak yang mati pada permukaan air dan akhirnya air tambak menjadi bening tidak ada sama sekali plankton yang hidup. Menurut kami, plankton lebih mudah drop atau mati itu karena banyak faktor. Salah satu faktor adalah intensitas curah hujan yang terlalu tinggi. 


Kemudian plankton drop menimbulkan buih-buih pada permukaan air dan akhirnya kolam atau tambak budidaya udang menjadi bening. Dengan bening ini bisa menyebabkan komoditas udang yang dipelihara di dalam kolam tersebut akan dapat menurunkan nafsu makan pada udang. Sehingga udang menjadi tidak aktif, lemas dan akhirnya menjadi mati warna air coklat muda. 


Supaya warna air tersebut ada sebagian warna hijaunya, itu perlu adanya peningkatan fitoplankton dengan cara pemberian improvium 3 yaitu mikro mineral yang berfungsi untuk memelihara fitoplankton. Supaya tidak terjadi kres plankton antara fito dan zoo.


Baca juga: Vertical Coloumn Photobioreactor untuk Kultur Fitoplankton dengan Akrilik


Yang kempat adalah warna air coklat tua. Warna air coklat tua biasanya didominasi oleh golongan Bacillariophyceae atau diatom. Dengan intensitas transparansi air berkisar antara 20 hingga 40 cm. dengan populasi plankton diatas 10 pangkat 6 sel/ml. 


Jenis plankton yang hidup hampir sama dengan warna coklat muda, kurang lebih spesiesnya adalah dari jenis Skeletonema, Costatum, Coscinodiscus, kemudian Amphora, Synedra, Navicula dan sebagainya. Kemudian untuk fitoplankton itu sangat kecil paling setidaknya hanya 5% saja di kolam tersebut. 


Biasanya fitoplankton yang ditumbuhi dari jenis Chlophyceae, Cyanophyceae. Kemudian untuk membentuk warna air coklat tua, perlu menggunakan improvium 4 atau mikro mineral improvium 4, karena disitu ada unsur P2O5, Fosfat dan Silikat. Dengan itu warna air akan menjadi coklat tua.


Warna air yang mana yang cocok untuk budidaya udang ?


Pada musim kemarau biasanya warna air yang bagus adalah hijau kecoklatan. Karena apa ? Karena disitu sudah seimbang antara plankton yang dari tumbuhan dan plankton yang dari hewan, fito dan zooplankton stabil. 


Namun pada musim penghujan untuk menjadikan warna air hijau kecoklatan sangatlah susah. Apabila terjadi itupun waktunya hanya sebentar. Biasanya cenderung warna air menjadi coklat muda atau coklat tua. Menurut saya kondisi-kondisi tersebut itulah yang perlu kita jaga. 


Yaitu pada musim kemarau kita perlu jaga hingga akhirnya timbul warna hijau kecoklatan. Tujuannya apa ? Tujuannya supaya udang bisa mengkonsumsi pakan alami dari plankton tersebut. 


Kemudian pada musim penghujan jenis Chlophyceae atau fitoplankton sangat minim atau sedikit sekali. Sehingga ada baiknya perlu kita tingkatkan fito atau alga hijau bisa ada di kolam pada musim penghujan. Pada dasarnya udang selain diberi pelet atau pakan dari luar, udang juga memakan pakan alami yang berasal dari plankton atau alga itu sendiri. 


Menurut saya dalam hal ini budidaya udang baik di musim kemarau ataupun musim penghujan warna air itu sangat berpengaruh. Itu tadi penjelasan dari saya terkait beberapa macam warna air dalam kegiatan budidaya udang.


Sumber: udangsegar.id



Artikel lainnya

Udang 

Investasi Udang Cara Milenial

Trobos Aqua

1521 hari lalu

  • verified icon3936
Udang 

4 Jenis Udang Unggulan Indonesia

Minapoli

1424 hari lalu

  • verified icon20875
Udang 

Urgensi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dalam Budidaya Udang

Info Akuakultur

878 hari lalu

  • verified icon2585