• Home
  • Infomina
  • Skretting – Inovasi Pakan untuk Akuakultur Berkelanjutan

Skretting – Inovasi Pakan untuk Akuakultur Berkelanjutan

| Tue, 17 Nov 2020 - 12:15

Pendekatan yang Skretting lakukan sebagai upaya dalam menghadapi tantangan industri akuakultur masa kini dan yang akan datang adalah dengan inovasi. Pengembangan inovasi yang dilakukan oleh Skretting melibatkan berbagai unit yang telah disiapkan untuk terus melakukan riset-riset ilmiah berbasis teknologi terkini.


Skretting memanfaatkan kolaborasi antara unit Research and Development, Skretting Aquaculture Research Centre (ARC), dan juga perusahaan Skretting di seluruh dunia untuk terus menciptakan inovasi-inovasi terbaru khususnya di bidang pakan. Inovasi terbaru dari Skretting di antaranya adalah MicroBalance® FLX, Lorica, dan SHIELD


Baca juga: Skretting Concerned by The Use of "Finite Marine Ingredients" in Aquafeeds


MicroBalance FLX

 

Inovasi dari MicroBalance FLX ini berbasis pada teknologi terkini mengenai mikronutrien dan interaksi di dalamnya. Dengan menyeimbangkan kandungan mikronutrien pada pakan, Skretting dapat memperkenalkan fleksibilitas bahan baku pakan yang belum ada sebelumnya. 


MicroBalance FLX  mempertimbangkan sisi ekonomis dari pakan, dengan menyediakan bahan baku alternatif yang lebih terjangkau namun memiliki nilai nutrisi yang tetap sama. Sehingga pembudidaya dapat tetap mempertahankan kualitas ikan mereka.


Setelah dilakukannya riset selama beberapa tahun ke belakang oleh Skretting ARC, MicroBalance FLX hadir sebagai pakan dengan kandungan fishmeal yang jauh lebih rendah untuk beberapa spesies ikan. Hal ini sangat membantu upaya mengurangi penggunaan bahan baku yang berasal dari laut (marine-based) dalam pakan.


Hadirnya produk ini mempermudah para pembudidaya untuk menyediakan pakan dengan kandungan fishmeal yang rendah, namun tetap dapat menunjang pertumbuhan, kesehatan, dan kualitas ikan budidaya. 


Baca juga: Skretting to Lend Test Facilities to Feed Innovators


Lorica


Lorica merupakan pakan fungsional untuk udang, dan didesain untuk memperkuat pertahanan tubuh udang dari ancaman lingkungan. Kandungan pada pakan Lorica juga berperan untuk meningkatkan struktur dari sistem pencernaan dan hepatopankreas udang, serta meningkatkan resistensi udang terhadap serangan pathogen. 


Pada dasarnya, manfaat dari pakan ini adalah untuk membantu udang menghadapi stressor dari lingkungan, mendukung respon imun udang, mengurangi dampak infeksi bakteri, serta menghambat komunikasi antar bakteri pada tubuh udang. 


Beli produk skretting disini!


SHIELD


Inovasi lainnya dari Skretting adalah produk SHIELD, yang mengkombinasikan perpaduan antar bahan fungsional untuk  mendukung pertahanan tubuh ikan sejenis salmon terhadap tantangan kutu laut (sea lice). Cara kerja dari produk ini adalah mengurangi penempelan kutu laut pada salmon, dan meningkatkan pertahanan tubuh ikan, sehingga ikan dapat menghadapi serangan kutu laut secara lebih baik.


Selama puluhan tahun, Skretting ARC telah melakukan berbagai penelitian besar terhadap berbagai jenis spesies ikan maupun udang. Kompetensi utama dari tim ARC meliputi nutrisi dan kesehatan ikan dan udang, bahan baku pakan, proses pembuatan pakan, dan keamanan serta kualitas makanan. 


Skretting juga memiliki berbagai fasilitas yang mendukung pengembangan inovasi dan produksi pakan. Fasilitas yang terdapat di dalamnya meliputi stasiun penelitian ikan dan udang, pabrik percontohan untuk produksi pakan, dan laboratorium kimia. Untuk terus menciptakan inovasi terbaru, Skretting ARC juga berkolaborasi dengan lebih dari 50 universitas dan institusi di seluruh dunia. 


Advertorial Minapoli

Artikel lainnya

Teknologi 

Surge of Off-flavor Solutions for RAS Continues

Minapoli
  • verified icon

3 hari lalu

  • verified icon18
Fish2Eat 

6 Manfaat Ikan Bandeng untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi

Minapoli
  • verified icon

395 hari lalu

  • verified icon407
Lowongan Kerja 

Lowongan Kerja Perikanan di SecondMuse

Minapoli
  • verified icon

382 hari lalu

  • verified icon409