• Home
  • Infomina
  • Begini Cara Budidaya Ikan Lele di Dalam Ember

Begini Cara Budidaya Ikan Lele di Dalam Ember

| Thu, 16 Dec 2021 - 11:29

Budidaya ikan lele dianggap menjanjikan sehingga mulai digeluti banyak orang.


Ada beragam cara budidaya ikan lele yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah budidaya ikan dalam ember (Budikdamber) selain kolam tanah dan kolam terpal.


Sistem Budikdamber dianggap mampu mengatasi masalah keterbatasan lahan serta penurunan kuantitas dan kualitas air di perkotaan. Dilansir dari laman jatengprov.go.id, salah seorang pegiat Budikdamber, Heni Subiyanti, menceritakan bagaimana proses budidaya lele di dalam ember ini.


Heni menjelaskan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk Budikdamber tidak banyak dan tidak sukar didapat. Anda hanya perlu ember, benih ikan lele, bibit kangkung, gelas plastik, arang kawat, tang, dan alat solder.


"Bahkan bisa memakai bahan bekas, seperti ember bekas, gelas air mineral, dan sebagainya," kata Heni, seperti yang dikutip Tempo dari laman jatengprov.go.id.


Baca juga: Nila Sebagai Komoditas Urban Farming


Cara membuatnya juga cukup mudah. Siapkan ember besar dan bibit kangkung yang sudah diletakkan dalam gelas plastik dengan medi arang.


Kemudian gantung gelas plastik berisi bibit tanaman itu di atas ember. Sebenarnya Anda bisa menggunakan bibit tanaman apa saja, tetapi kangkung adalah tanaman yang direkomendasikan karen mudah tumbuh dan hidup dalam air.


Selanjutnya: Isi ember dengan air hingga sebatas alat gelas...


Lalu, isi ember dengan air hingga sebatas alas gelas. Setelah itu masukkan bibit lele berukuran 5 hingga 7 centimeter. Heni menjelaskan satu ember bisa diisi puluhan ikan.


Untuk pakan lele, jangan diberi sisa nasi atau makanan di rumah. Selain bisa menimbulkan jamur, makanan itu bisa mencemari ikan.


Baca juga: Patut Dicontoh, Banjar Tegeh Sari di Denpasar Berdayakan Warga Terdampak Covid-19 Via Urban Farming


"Yang aman ya diberi makan pelet," ujar pegiat Budikdamber ini. Untuk pemberian makanan, Anda bisa memberi makan lele sekali atau dua kali dalam sehari.


Jika sekali, berikan pada sore hari karena lele adalah ikan malam. Tetapi, jika diberi makan dua kali dalam sehari, berilah lele makan tiap pagi dan sore hari.


Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk Budikdamber? Untuk modal budidaya lele dalam ember ini, Heni mengatakan setidaknya perlu 1,6 juta rupiah untuk 12 ember.


Cukup terjangkau bukan? Cara budidaya ikan lele di dalam ember ini bisa Anda gunakan di lahan dan modal yang terbatas.


Sumber: Tempo.co


Artikel lainnya

Lele 

Tips Pemeliharaan Induk Lele yang Benar

Minapoli

1163 hari lalu

  • verified icon8269
Lele 

Pilihan Kolam Lele dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Minapoli

569 hari lalu

  • verified icon2178
Lele 

Lele Bersih, Profit Tak Berhenti

Trobos Aqua

740 hari lalu

  • verified icon1561
Lele 

Pilihan Pakan Pelet yang Tepat, agar Lele Tumbuh Sehat

Minapoli

700 hari lalu

  • verified icon18891