• Home
  • Infomina
  • Selain Lele, Berikut Cara Budi Daya Ikan Nila dan Gurame dalam Ember

Selain Lele, Berikut Cara Budi Daya Ikan Nila dan Gurame dalam Ember

| Thu, 25 Jun 2020 - 16:36

Di tengah situasi pandemi Covid-19, metode budikdamber atau budidaya ikan dalam ember belakangan menjadi populer. Metode ini banyak diterapkan untuk memelihara ikan lele dalam ember beserta untuk menanam kangkung. Meski demikian mungkinkah metode budikdamber diterapkan untuk ikan lain termasuk ikan nila? Juli Nursandi, inovator budikdamber yang juga merupakan dosen budidaya perikanan dari Politeknik Negeri Lampung mengatakan, hal tersebut bisa saja dilakukan.

“Bisa (untuk ikan nila),” ujarnya saat dihubungi Kompas.com Selasa (16/6/2020).
Akan tetapi ia menerangkan dibutuhkan perlakuan khusus untuk beternak ikan nila. 

“Harus pakai aerator atau filter,” terang dia. Menurut dia, filter akuarium tersebut bisa dibeli secara online. Lebih lanjut, Juli menjelaskan ikan nila berbeda dengan ikan lele, sehingga membutuhkan alat tersebut. 

“Nila butuh oksigen tinggi dan air yang jernih,” kata dia. Menurut dia, berdasarkan percobaan yang ia lakukan satu ember hanya dapat diisi 10-15 ekor nila apabila ingin mendapatkan ukuran ikan dengan lebar 4 jari.

Selain lele, jenis ikan yang juga dapat diterapkan dengan metode budikdamber adalah gurame. Pada gurame, Juli menjelaskan tidak dibutuhkan aerator. Adapun untuk pakan, ikan lain cenderung lebih hemat karena karena tidak serakus ikan lele. 

“Gurame, juga bisa makan daun-daunan juga,” ujar dia. Selain gurame, ikan lain yang tidak membutuhkan aerator adalah ikan-ikan yang tahan oksigen rendah. Juli yang juga banyak membagikan teknik budikdamber dalam akun YouTubenya “Juli Nursandi and Friends OFFICIAL BUDIKDAMBER” sebelumnya juga pernah menjelaskan, beberapa ikan oksigen rendah selain gurame di antaranya lele, patin, sepat, betok, dan gabus.

“Perlu kajian lebih lanjut untuk ikan-ikan lain,” jelas dia pada Kompas.com (5/3/2020).

Budikdamber sendiri merupakan salah satu teknik untuk membudidayakan ikan sekaligus bertanam sayuran yang cocok diaplikasikan pada masyarakat yang memiliki lahan sempit. Beberapa kelebihan budikdamber:

- Murah dibandingkan aquaponik lain

- Mudah dibuat oleh siapa saja

- Aplikatif untuk masyarakat, bisa dipelihara siapapun dari SD sampai manula serta disabilitas.

- Tangguh di letakkan dimana saja (rumah tengah laut, di gang sempit, atap gedung, teras, pinggir jalan perumahan, daerah sulit air)

- Bisa dijadikan pola bantuan ketika bencana di penggunsian seperti banjir, kebakaran, wabah covid19 dan sebagainya


SUmber: Kompas.com

Artikel lainnya

Terkini 

Potential of Astaxanthin in Resistance to Vibrio

Minapoli

1020 hari lalu

  • verified icon1447
Terkini 

Monodon Group Kembangkan Bisnis Olahan Ikan Khas Lampung

Minapoli

1494 hari lalu

  • verified icon2090
Terkini 

Tips Cara Olah Ikan Bakar untuk Sambut Tahun Baru Anda

Minapoli

883 hari lalu

  • verified icon2696
Terkini 

Cara Tepat Tetaskan Telur Artemia

Indah Sari Windu (ISW)

1226 hari lalu

  • verified icon20760