• Home
  • Infomina
  • 4 Pilihan Pakan untuk Benur Udang Vaname Tumbuh Optimal

4 Pilihan Pakan untuk Benur Udang Vaname Tumbuh Optimal

| Thu, 28 Jul 2022 - 16:39

Dalam budidaya udang vaname terutama yang memiliki padat tebar tinggi perlu mempersiapkan beberapa hal. Di antaranya seperti wadah yang akan digunakan, sumber air, kadar oksigen, hingga pemilihan dan pemberian pakan yang diperhitungkan. Semua ini tentunya saling mempengaruhi dan berdampak secara langsung kepada udang vaname yang dipelihara. 


Pada prinsipnya hal-hal tersebut perlu diperhatikan dalam seluruh tahap atau segmentasi pemeliharaan udang vaname. Mulai dari hatchery, nursery, hingga pembesaran udang vaname di tambak. Dari proses budidaya yang baik maka akan menghasilkan panen udang yang tinggi.


Hatchery atau pembenihan merupakan upaya untuk menghasilkan benur udang vaname yang sehat dan berkualitas. Tahap ini merupakan bagian yang krusial karena benur udang vaname masih sangat rentan dan membutuhkan asupan nutrisi penting untuk bertumbuh.


Pakan hatchery udang vaname yang dapat diberikan di antaranya adalah pakan alami dan buatan tergantung dari stadianya. Pada tahap Nauplius atau 3 hari pemeliharaan awal, benur udang vaname tidak perlu diberikan tambahan pakan karena masih memiliki cadangan makanan berupa kantong kuning telur (yolk). 


Baca juga: Langkah Penebaran Benur Udang yang Baik dan Benar


Saat berkembang dan mulai memasuki tahap Zoea atau memasuki umur 4-5 hari, benur sudah bisa diberikan tambahan pakan dari luar. Disini Anda dapat memberikan pakan hatchery udang vaname  alami maupun buatan untuk memenuhi asupan nutrisinya.


Pada pemberian pakan hatchery udang vaname buatan, kandungan protein yang dibutuhkan yaitu minimum 40% sedangkan kandungan lemak maksimal 10%. Ukuran pakan yang diberikan disesuikan dengan stadia larva udang. Udang pada stadia Zoea diberikan pakan dengan ukuran 50 – 100 µm, pakan mysis ukuran 100 – 200 µm dan pakan post larva berukuran 200 – 300 µm


Pemberian pakan hatchery udang vaname dilakukan empat jam sekali selama 24 jam atau enam kali per hari yaitu pada pukul 02.00, 06.00, 10.00, 14.00, 18.00, dan 22.00. Meningkatnya umur benur udang vaname akan berpengaruh pada dosis pemberian pakan yang semakin meningkat. Bentuk pakan hatchery udang vaname buatan yang dapat diberikan untuk benur adalah pakan dalam bentuk bubuk, cair dan flake (lempeng tipis) dengan ukuran partikel sesuai dengan stadianya. (Info Akuakultur)


Berikut ini merupakan beberapa pilihan produk pakan hatchery udang vaname yang dapat Anda gunakan selama di hatchery.


Baca juga: Biosekuriti Instalasi Pembenihan Udang Windu


Pilihan Pakan Hatchery Udang Vaname

1. FRiPPAK #1 CAR


Produk dari INVE Aquaculture ini merupakan pakan hatchery udang vaname yang cocok untuk benur stadia zoea 1-3. Pakan ini dapat membantu untuk mengurangi ketergantungan pakan hidup selama produksi pembenihan udang. Selain itu produk dari INVE ini mengandung bahan segar dan alami, meningkatkan tingkat kelangsungan hidup, serta ukuran partikel yang sesuai dengan stadia.

Dapatkan produknya disini


2. Brine Shrimp Flake Mackay


Pakan hatchery udang vaname yang dapat Anda gunakan pada stadia post larvae dan mysis. Dengan pakan ini Anda dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan meningkatkan survival rate benur udang vaname.

Dapatkan produknya disini


3. TOP Flake


Lempengan artemia merupakan pakan hatchery udang vaname yang cocok untuk benur. Top flake dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan larva udang sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan.

Dapatkan produknya disini


4. Epifeed LHF


Bentuk lainnya untuk pakan hatchery udang vaname adalah cair yang cocok diberikan untuk benur. Terdiri dari bahan-bahan berkualitas terbaik, mudah dicerna, sehingga pertumbuhan dan kelangsungan hidup benur menjadi optimal

Dapatkan produknya disini

 

Artikel ini dipublikasi dan dibuat oleh Minapoli dengan menyadur dari berbagai sumber informasi.


Artikel lainnya

Udang 

Belajar dari Industri Udang Ekuador

Minapoli

678 hari lalu

  • verified icon2074
Udang 

4 Keunggulan Budi Daya Tambak Udang dengan Sistem Klaster

Minapoli

1013 hari lalu

  • verified icon2488
Udang 

Get to Know Dinoflagellates in Your Shrimp Farm

JALA

816 hari lalu

  • verified icon2008