Resep Soto Udang

| Wed, 17 Jul 2019 - 15:03

Tingkat kesulitan: mudah

Waktu memasak: 60 menit

Untuk: 4–6 porsi
 
Bahan

8 ekor (500 g) udang ukuran besar (udang galah)

½ sdt garam

Minyak goreng

3 lembar daun salam

8 lembar daun jeruk

3 batang serai bagian putih, memarkan

1 cm lengkuas, memarkan

750 ml kaldu udang/kaldu ayam

500 ml santan, dari ½ butir kelapa

2 batang daun bawang, iris-iris

½ ekor ayam, suwir-suwir dagingnya

Bumbu halus

10 butir bawang merah

3 siung bawang putih

2 cm jahe

2 cm kunyit

2 sdt ketumbar sangrai

2 sdt garam

1 sdt merica bubuk

Pelengkap

Bawang goreng

Seledri iris

Sambal cabai rebus

Irisan jeruk nipis


 Cara masak:

1. Kupas udang galah, buang sungutnya, biarkan kepala dan ekornya. Belah punggung udang, jangan sampai putus, dan buang kotorannya. Lumuri udang dengan garam, sisihkan. Goreng udang dalam minyak sampai warnanya berubah dan udang matang, angkat, tiriskan.

2. Panaskan 3 sdm minyak dalam wajan, masukkan bumbu halus, salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas. Tumis sampai harum dan bumbu matang, masukkan kaldu ayam/kaldu udang.

3. Setelah mendidih, masukkan santan, timba-timba santan sampai mendidih kembali, kecilkan api. Tambahkan daun bawang, masak sampai daun bawang layu.

4. Masukkan ayam suwir, aduk, angkat. Hidangkan soto selagi panas dengan menambahkan udang goreng ke dalam mangkuk serta taburan bawang goreng dan seledri. Lengkapi dengan sambal cabai rebus dan air jeruk nipis.

 
Trik Masak

- Disebut udang galah karena bentuk dan ukuran kakinya yang bercapit dan panjang  mirip galah, dagingnya sedikit, ukuran kepalanya lebih besar daripada tubuhnya. Letak keunikan rasa udang galah justru terdapat di kepalanya, rasanya manis.

- Usahakan memakai kaldu udang. Buat dari kulit dan kepala udang segar yang dicuci bersih dan disangrai hingga kemerahan. Masukkan ke dalam air mendidih, rebus dengan api kecil(10–5 menit). Saring sebelum dipakai.

- Kuah soto ini sangat nikmat diseruput jika tidak terlalu pekat santannya dan dimasak agak lama di atas api kecil, agar bumbunya menyatu dengan sempurna.

- Udang galah yang dilumuri garam sebelum digoreng bisa memberi rasa gurih ketika disiram kuah soto saat disantap.


Sumber : Primarasa

Artikel lainnya