Resep Kepiting Bakar Daun

| Wed, 28 Oct 2020 - 13:48


Penyuka seafood bisa mencoba mengolah kepiting dengan cara baru. Siapkan bumbu yang relatif mudah didapat dan panggang kepiting dalam daun pisang hingga matang. Mantap!

 

Tingkat kesulitan: Mudah 
Waktu memasak: 60 menit + menyisihkan 
Untuk: 4 bungkus

 

Bahan

2 ekor @ 400 g kepiting telur

4 sdt kecap asin

4 sdt minyak wijen

2 sdt angciu

3 sdm minyak goreng, untuk menumis

2 lembar daun salam, potong 2

4 batang serai, memarkan

1 buah jeruk nipis, ambil airnya

100 ml air

50 g daun kemangi 

Daun pisang, untuk membungkus

Lidi, untuk menyemat


Bumbu halus

5 cm jahe

4 butir kemiri

6 siung bawang putih

8 buah bawang merah

1 1/2 sdt ketumbar

6 buah cabai merah

6 buah cabai hijau

1/4 sdt garam


Cara masak:

1. Buang cangkang kepiting, belah menjadi 2 bagian. Pukul-pukul kaki dan capitnya sampai retak. Campur kecap asin, minyak wijen, dan angciu, lumurkan pada kepiting hingga rata, sisihkan. 

2. Panaskan minyak di dalam wajan, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun salam, serai, dan air jeruk nipis, aduk. Tumis sebentar, lalu masukkan daun kemangi, aduk rata, tambahkan air. Masak sampai mendidih, angkat.

3. Campur kepiting dengan bumbu tumis, aduk-aduk sampai kepiting berlumur bumbu. Sisihkan selama 1–2 jam agar bumbu meresap. 

4. Siapkan daun pisang. Taruh masing-masing kepiting beserta bumbunya di atas daun pisang, tambahkan daun kemangi, semat dengan lidi. 

5. Panaskan pemanggang. Panggang kepiting bungkus daun selama 30–45 menit sampai kepiting matang.

 

Tips:

-Kepiting telur dibedakan atas kepiting penuh dan kepiting cam. Kepiting penuh artinya terdapat banyak telur, kepiting cam hanya terdapat 40% telur. Untuk melihat telurnya, congkel bagian belakangnya. Kalau kepiting penuh, telur akan terlihat kemerahan/oranye menyebar di kanan dan kiri bagian dalam.

-Untuk memilih pada saat membeli, pilih kepiting betina yang bagian penutupnya berbentuk lebar (kalau lancip jantan), buka penutup ini biasanya berwarna oranye, artinya kepiting mengandung telur


Sumber: Primarasa


Halaman Fish2Eat di Minapoli membantu anda menemukan resep olahan ikan favorit yang dapat dibuat di rumah untuk menu santapan sehari-hari. Menu makanan ikan di sini menggunakan bahan utama ikan air tawar maupun ikan air laut yang mudah untuk ditemukan di berbagai tempat berbelanja. Melalui makan masakan berbahan dasar ikan, maka kita semua juga ikut serta dalam gerakan makan ikan nasional. Ayo makan ikan!


Artikel lainnya

Fish2Eat 

Resep Kothok Ikan Patin Yang Sedap

Minapoli

72 hari lalu

  • verified icon128
Fish2Eat 

Resep Honey & Lime Fish Kebabs

Minapoli

3 hari lalu

  • verified icon110
Fish2Eat 

Resep Kare Kepiting

Minapoli

268 hari lalu

  • verified icon810
Fish2Eat 

Resep Ikan Peletuk Bumbu Kuning Khas Kalimantan Barat

Minapoli

401 hari lalu

  • verified icon1725