• Home
  • Infomina
  • Pembenihan Ikan Kakap Putih (Lates calcarifer, Bloch)

Pembenihan Ikan Kakap Putih (Lates calcarifer, Bloch)

| Tue, 16 Jul 2019 - 13:57

Salah satu komoditas budidaya laut yang mempunyai prospek bagus adalah ikan Kakap Putih (Lates calcarifer, Bloch), di Asia dan Australia merupakan salah satu komoditas yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan salah satu komoditas yang paling populer dibudidayakan. Ikan Kakap Putih memiliki beberapa keunggulan seperti warna daging putih, pemeliharaan larvanya telah dikuasai, sintasan cukup tinggi, pakan yang digunakan pakan buatan, dan dapat dibudidayakan baik di air laut (sea water) maupun air payau (brakish water). Beberapa keunggulan yang dimiliki ikan kakap putih menyebabkan permintaannya cenderung meningkat setiap tahunnya baik pasar lokal maupun ekspor


Pemeliharaan Larva

Pemeliharaan dilakukan pada bak dengan ukuran 6-10 m3 bulat maupun persegi dengan material beton maupun fiberglass. Larva ditebar setelah menetas dengan sempurna (minimal 20 jam setelah pemijahan). Padat tebar larva yang digunakan adalah 10-15 ekor/liter. Pemeliharaan larva menggunakan green water system dengan menambahkan fitoplankton Nannochloropsis pada bak pemeliharaan. Selama pemeliharaan larva diberikan pakan alami dan pakan buatan. Pakan alami yang digunakan adalah fitoplankton jenis Nannochloropsis, zooplankton jenis Brachionus plicatilis/rotifera, dan naupli artemia.


 Gambar 1.  Jadwal pemberian pakan pada produksi benih Kakap Putih

 

Perlakuan Suhu pada Produksi Benih

Kisaran suhu optimum pada media pemeliharaan berkisar antara 30-32°C. Untuk Mencegah serangan penyakit bakterial secara dini, pada hari ke 17 suhu media dinaikkan menjadi 37ºC selama 48 jam. Selain itu setiap ditemukan gejala serangan penyakit, maka suhu media kembali dinaikan menjadi 37 0C selama 48 jam.


Pengelolaan Media

Kualitas air berperan penting dalam pemeliharaan ikan kakap putih, untuk menjaga kualitasnya dilakukan perawatan media dengan cara penyiphonan kotoran dan pergantian air secara periodik. Penyiphonan dimulai pada saat D10 dan dilakukan dua hari sekali serta seterusnya dialkukan tergantung dari kondisi bak pemeliharaan.


 

     Gambar 2. Pergantian air selama pemeliharaan larva kakap putih


Grading

Grading dilakukan untuk menyeragamkan ukuran larva yang dipelihara dalam satu wadah pemeliharaan. Ukuran ikan yang tidak seragam dapat menyebabkan kanibalisme, kompetisi pakan, oksigen dan ruang. Grading dilakukan ketika ukuran ikan dalam satu bak pemeliharaan sudah jelas nampak perbedaan ukurannya.


Pemeliharaan Benih

Pendederan dapat dilakukan dalam bak yang terbuat dari beton atau fiberglass, dapat berbentuk persegi panjang maupun bulat. Volume bak minimal 6 m3. Padat penebaran untuk masa pendederan disesuaikan dengan ukuran benih. Padat penebaran awal pendederan adalah 2.000 ekor/m3 dengan ukuran benih ± 2 cm.

Pakan yang diberikan dapat berupa pakan buatan (pellet) dengan ukuran 200 - 2000µm.  Besarnya pakan disesuaikan dengan bukaan mulut ikan. Pada tahap awal pemeliharaan pemberian pakan dilakukan sesering mungkin atau minimal 4-6 kali sehari atau sampai ikan kenyang. 

Pengelolaan media pemeliharaan terutama untuk menjaga kualitas air sekitar media sehingga ikan dapat tumbuh dengan optimal. Salah satu caranya yaitu dengan perawatan wadah  pemeliharaan secara kontinyu. Pembersihan dasar bak dapat dilakukan dengan penyiphonan.  Penyiphonan dilakukan setiap pagi dan sore setelah pemberian pakan.  Untuk menjaga kualitas air tetap baik pada masa pendederan diterapkan sistem air mengalir 24 jam sebayak minimal 200%.  Untuk mengatasi kanibalisme dan persaingan yang tidak seimbang dilakukan penyeragaman ukuran (grading).  Grading sering dilakukan pada akhir pembenihan atau awal masa pendederan dan seterusnya dengan waktu tidak tentu. Masa pemeliharaan benih selama ±60 hari hingga mencapai ukuran panjang 7.0 – 8.0 cm.


Sumber : BPBL Batam

Artikel lainnya

Kakap Putih 

Pembenihan Ikan Kakap Putih (Lates calcarifer, Bloch)

Minapoli

1293 hari lalu

  • verified icon2425
Kakap Putih 

Research Backs Value of Adding Taurine to Fish Feeds

Minapoli

1109 hari lalu

  • verified icon1446
Kakap Putih 

Dari Laut, Kakap Putih Berkembang di Air Payau

Minapoli

726 hari lalu

  • verified icon1756
Kakap Putih 

Budidaya Kakap Putih Kian Bergeliat

Trobos Aqua

1221 hari lalu

  • verified icon1915