• Home
  • Infomina
  • Manfaat Konsumsi Ikan Tongkol saat Pandemi COVID-19

Manfaat Konsumsi Ikan Tongkol saat Pandemi COVID-19

| Thu, 02 Jul 2020 - 14:19

Pada masa pandemi Covid-19 telah berdampak negatif setiap sektor kehidupan masyarakat dunia. Salah satunya nelayan tangkap dan budidaya. Produksi perikanan banyak yang tidak terjual. Walau pun terjual harganya menurun dan pembeli pun berkurang.

Perlu diketahui bahwa tongkol merupakan salah satu ikan yang paling banyak dijumpai di perairan Indonesia. Ikan tongkol merupakan bagian dari keluarga tuna dengan nama latin Euthynnus affinis atau dikenal juga dengan kawakawa atau little tuna.

Ikan tongkol memiliki kulit yang licin berwarna abu-abu, dagingnya tebal, dan warna dagingnya merah tua.

Di dalam ikan tongkol, terdapat lemak, protein, sodium, kalium, zat besi, natrium, vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca juga: 6 Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan dan Kecantikan, Bantu Turunkan Berat Badan

Berikut manfaat bagi tubuh saat mengkonsumsi ikan tongkol :

1. Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu sumber menyebutkan bahwa, penelitian yang dilakukan oleh John Hopkins School of Medicine mengungkapkan bahwa kandungan manfaat omega 3 yang terdapat pada ikan tongkol ini, dapat mengurangi resiko mengalami AMD (Age Macular Disease) atau jenis penyakit mata yang disebabkan oleh penuaan.

Selain itu, kandungan omega 3 ini juga akan menurunkan angka resiko anda mengalami kerusakan pada mata.

2. Menyembuhkan Penyakit Rematik

Anda sering merasakan nyeri dan sakit akibat rematik? Selain mengkonsumsi obat-obatan rematik, ternyata ikan tongkol ini juga dapat membantu dalam proses penyembuhan penyakit rematik yang diderita. 

Ikan tongkol dapat Anda olah sesuai selera,seperti :

Digoreng
Dibuat sup
Ikan tongkol balado

Sebagai campuran pada masakan lain, seperti nasi goreng atau mie goreng
Anda dapat mengkonsumsi olahan ikan tongkol tersebut setiap hari apabila ingin membantu proses penyembuhan rematik yang parah.

Baca juga: Mengenal Manfaat Ikan Tuna bagi Kesehatan

3. Dapat Mencegah Anemia

Ikan tongkol memiliki kandungan manfaat zat besi alami, yang dapat membantu untuk mencegah terserang anemia. Anemia yang diderita dapat memunculkan gejala-gejala seperti :

5 L (letih, lesu, lunglai, lemah, dan lemas)
Daya tahan tubuh menurun
Pegal pegal pada bagian persendian
Wajah memucat
Mudah terserang berbagai macam penyakit.
Namun perlu diperhatikan, apabila ingin mengkonsumsi ikan tongkol untuk mencegah terjadinya anemia, pastikan untuk tidak menggoreng ikan tongkol. Rebuslah ikan tongkol segar dan buatlah menjadi semacam sup untuk dikonsumsi setiap harinya.

4. Mencegah Ejakulasi Dini

Ternyata, tidak hanya dagingnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun bagian insang dari ikan tongkol ini dapat membantu untuk mengatasi dan mencegah ejakulasi dini.

5. Meningkatkan kemampuan kognitif

Omega 3 yang tekandung dalam ikan tongkol dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikir dan kemampuan kognitif seseorang. Selain bermanfaat bagi yang ingin meningkatkan kemampuan kognitif, dapat juga bermanfaat bagi ibu yang sedang mengandung, agar kemampuan kognitif dari bayi menjadi semakin baik.

6. Detoksifikasi hati

Kandungan selenium yang terdapat pada ikan tongkol dapat membantu organ hati untuk melakukan proses detoksifikasi atau pengeluaran racun tubuh. Selenium dapat mempercepat dan membantu proses tersebut.

Baca juga: 6 Manfaat Ikan Bandeng untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi

7. Melindungi saluran pencernaan

Lagi-lagi, kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan tongkol sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat lain omega 3 ini, adalah membantu dalam menjaga saluran pencernaan tubuh. Hal ini dapat mengurangi resiko terjadinya kanker pada organ-organ pencernaan dan juga membantu mencegah terjadinya kanker ovarium pada wanita.

Rebus insang dari ikan tongkol segar dengan menggunakan 3-4 lembar daun jeruk purut
Tambahkan garam, masak hingga mendidih
Minum airnya kira-kira 1 sampai 2 jam sebelum melakukan hubungan
Namun demikian, manfaat ini sepertinya belum teruji secara ilmiah dan hanya menimbulkan unsur sugestif, sehingga masih harus diteliti lebih lanjut.

8. Menjaga kesehatan jantung

Selain untuk menjaga kesehatan mata dan tubuh, kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan tongkol, mampu menjaga kesehatan jantung anda. Kandungan omega 3 ini dapat menjaga detak jantung sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya serangan jantung. Khasiat seperti ini juga di dapat pada :

9. Kandungan protein yang tinggi

Ya, ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan laut yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein pada ikan tongkol sering dimanfaatkan sebagai asupan protein yang rendah lemak, biasanya sebagai pengganti manfaat daging  merah. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari protein yang terkandung di dalam ikan tongkol :

Meningkatkan masa otot
Menambah daya tahan tubuh
Memperkuat otot
Mengikat lemak
Memberikan energy lebih bagi tubuh

10. Mencegah terjadinya obesitas

Ikan tongkol memiliki kandungan EPA yang tinggi. EPA yang tinggi ini dapat menstimulasi munculnya hormon leptin yang dapat menghindari keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang berlebihan. Dengan menghindari konsumsi makanan yang berlebihan ini, maka akan terbantu dalam mencegah terjadinya obesitas pada diri.

Itulah beberapa manfaat dari ikan tongkol yang bisa diperoleh. Perlu diingat, khasiat dan manfaat ikan tongkol ini akan lebih optimal ketika mengolah ikan tongkol dengan bahan-bahan yang bernutrisi tinggi lainnya, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

 

Sumber: Viva.co.id

Artikel lainnya

Fish2Eat 

Resep Botok Ikan Masak Putih

Minapoli

498 hari lalu

  • verified icon795
Fish2Eat 

Resep Mebase Khas Bali

Minapoli

630 hari lalu

  • verified icon785
Fish2Eat 

Resep Pecak Gurame

Minapoli

568 hari lalu

  • verified icon1118
Fish2Eat 

Resep Ikan Cuka khas Riau

Minapoli

695 hari lalu

  • verified icon895