• Home
  • Infomina
  • 7 Manfaat Ikan Patin, Bisa Bikin Tubuh Sehat Hingga Optimalkan Pertumbuhan Bayi

7 Manfaat Ikan Patin, Bisa Bikin Tubuh Sehat Hingga Optimalkan Pertumbuhan Bayi

| Mon, 20 Jul 2020 - 19:14

Manfaat ikan patin bisa didapatkan dengan cara mengolahnya menjadi santapan makanan yang lezat. Ikan yang memiliki nama ilmiah Pangasius sp ini tergolong satu spesien dengan ikan lele. Memiliki banyak jenis, Anda dapat menemukan ikan patin dibeberapa perairan seperti muara, danau hingga tepi-tepian sungai. Umumnya ikan patin ini memiliki bentuk tubuh panjang dan berwarna putih serta sedikit biru di bagian punggung. Istimewanya adalah hampir seluruh bagian dari ikan ini dapat Anda konsumsi. Selain itu, ikan patin juga memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Kandungan nutrisi berupa vitamin, protein dan mineral yang ada di dalamnya bahkan jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis ikan tawar lainnya. Berikut adalah manfaat ikan patin yang sudah dirangkum dari berbagai sumber untuk Anda.

Cegah Jantung Koroner.

 Manfaat ikan patin yang pertama Anda dapatkan adalah mampu mencegah jantung koroner. Hal tersebut lantaran ikan ini mengandung asam lemak yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah tubuh Anda. Khasiat ini tergolong manfaat kesehatan yang amat penting.

ilustrasi penyakit jantung

©2013 Merdeka.com/Shutterstock/guoxiangphoto

Perlu diketahui lemak tak jenuh tidak mengendap dan menghambat aliran darah di dalam pembuluh darah. Adanya kandungan lemak tak jenuh di dalam ikan patin juga membuat tubuh Anda akan terhindar dari penyakit jantung koroner.

Cegah Penyakit Kardiovaskular

Manfaat lain yang dapat Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan patin adalah mampu mencegah penyakit kardiovaskular. Ini dikaitkan dengan adanya lemak tak jenuh yang terkandung dalam ikan patin. Istimewanya, kandungan lemak tak jenuh dalam ikan patin ini sebanyak 50 persen dari total keseluruhan gizi di dalamnya.

jantung

©2015 Merdeka.com/shutterstock/Available in

Sebanyak 7,43 persen kandungan pada daging ikan patin ini adalah asam oleat dari total jumlah keseluruhan nilai gizi. Tentunya, mengonsumsi ikan patin ini sangat baik khususnya bagi Anda yang memiliki berbagai masalah pada organ jantung atau penyakit kardiovaskular lainnya.

Turunkan Kadar Kolesterol

Manfaat ikan patin selanjutnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol. Hal tersebut lagi-lagi dikaitkan dengan kandungan lemak tak jenuh di dalamnya yang dipercaya mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

010 magang

©2017 istock.com

Sebab, ikan patin sendiri merupakan jenis ikan yang mengandung kolesterol rendah. Sebanyak 100 gram ikan patin saja hanya mengandung 21 hingga 30 gram kolesterol saja. Manfaat yang sama juga bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan lele.

Jaga Kesehatan Tulang

Diketahui ikan patin mengandung kalsium dan fosfor yang sangat tinggi sehingga mampu membantu memenuhi kebutuhan asupan dalam tubuh manusia per harinya. Kalsium dan fosfor yang baik untuk tulang akan Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan patin beserta dengan tulangnya.

ilustrasi tulang kuat

©Shutterstock.com/Fernando Madeira

Mengingat apabila kekurangan kalsium akan membuat proses pertumbuhan tulang dan gigi seseorang menjadi terhambat. Kalsium merupakan salah satu nutrisi yang bertugas guna menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta memperkuatnya hingga mencegah penyakit osteoporosis.

Optimalkan Pertumbuhan Bayi

Tidak hanya mampu memberikan manfaat pada manusia dewasa saja, ikan patin juga sangat bermanfaat untuk pertumbuhan bayi. Ikan patin sangat amat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil selama masa kehamilan agar mampu mengoptimalkan pertumbuhan janin.

ilustrasi bayi di dalam boks

©iStockphoto

Hal tersebut bisa terjadi karena adanya kandungan DHA dan EPA yang tinggi pada ikan patin. Asam lemak tersebut dikenal dengan sebutan omega-3 yang begitu baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh dan otak. Omega-3 diketahui akan mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mendukung kecerdasan anak.

Bantu Pembentukan Otot

ilustrasi otot bisep

©2012 Merdeka.com

Manfaat berikutnya yang dapat Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan patin adalah membantu pembentukan otot. Hal tersebut lantaran kandungan protein tinggi dalam daging ikan patin sehingga mampu membuatnya begitu efektif guna menambah massa otot, mengencangkan otot, menjaga daya tahan tubuh, memperkuat otot serta menambah kekuatan pada otot Anda.

Tambah Kinerja Otak

Kandungan omega-3 dan omega-6 yang ada di dalam ikan patin berjumlah sangat tinggi dan tidak kalah dengan ikan salmon. Hal ini mampu membuat ikan patin ini akan bermanfaat guna memperlancar kinerja otak.

010 tantri setyorini

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Kandungan dua nutrisi ini mampu membuat ikan patin menjadi salah satu jenis ikan tawar yang sangat istimewa dan mengagumkan.

Sumber: Medeka.com

Artikel lainnya

Fish2Eat 

Resep Ikan Asam Padeh Khas Padang

Minapoli

698 hari lalu

  • verified icon771
Fish2Eat 

Resep Ikan Bawal Bumbu Iris

Minapoli

171 hari lalu

  • verified icon604
Fish2Eat 

Resep Suwir Tongkol Sambal Matah

Minapoli

501 hari lalu

  • verified icon763