• Home
  • Infomina
  • 4 Pilihan Vitamin Udang untuk Meningkatkan Performa Udang di Tambak

4 Pilihan Vitamin Udang untuk Meningkatkan Performa Udang di Tambak

| Mon, 13 Nov 2023 - 06:14

Untuk memastikan pertumbuhan dan kesehatan yang optimal pada udang, pemberian vitamin yang tepat merupakan langkah krusial. Jenis vitamin yang diberikan biasanya adalah Vitamin A, B kompleks (B1, B2, B6, B12), C, D, E. Dosis yang tepat juga perlu diperhatikan sesuai kebutuhan udang dan kondisi lingkungan.


Peran Vitamin dalam Performa Udang Budidaya


1. Vitamin A (Retinol)

Vitamin A esensial untuk pertumbuhan dan perkembangan udang, serta menjaga kesehatan sistem reproduksi. Pemberian vitamin A dapat berasal dari pakan yang mengandung beta-karoten, seperti spirulina atau plankton. Memastikan ketersediaan vitamin A yang cukup akan mendukung reproduksi dan pertumbuhan udang secara optimal.


2. Vitamin B kompleks (B1, B2, B6, B12)

Vitamin B kompleks memiliki peran dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan produksi energi pada udang. Pemberian vitamin B kompleks dapat dilakukan melalui pakan yang kaya akan sumber-sumber vitamin tersebut.


3. Vitamin C (Ascorbic Acid)

Vitamin C memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan udang dan membantu melawan infeksi. Pemberian vitamin C dapat diberikan melalui pakan udang atau melalui air. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan, membantu melindungi sel-sel udang dari kerusakan akibat radikal bebas.


4. Vitamin D (Calciferol)

Vitamin D berperan penting dalam pengaturan kalsium dan fosfor pada udang, yang mendukung pertumbuhan tulang dan eksoskeleton yang kuat. Pemberian vitamin D dapat dilakukan melalui pakan yang diperkaya atau paparan sinar matahari, tergantung pada sistem budidaya udang yang digunakan.


5. Vitamin E (Tocopherol)

Vitamin E berperan dalam menjaga kesehatan sel dan meningkatkan daya tahan udang terhadap stres lingkungan. Pemberian vitamin E dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit pada udang. Sumber vitamin E dapat diberikan melalui pakan berbasis minyak ikan atau minyak nabati.


4 Produk Vitamin Udang Pilihan untuk Meningkatkan Performa Budidaya


1. Jual Vitamin Udang Coforta A


Vitamin Coforta A di formulasikan dalam bentuk serbuk yang mengandung bahan unik Butaphosphan dan Vitamin B12 untuk hewan aquatik. Vitamin Coforta A bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme serta membantu mengurangi stres di kondisi yang tidak sesuai pada perairan tambak udang seperti pergantian salinitas, suhu, oksigen yang rendah. Cek informasi lengkap produknya di sini.


Beli Vitamin Udang Coforta A Sekarang!


2. Jual Vitamin Udang IntraCalferol


Intra Calferol adalah mineral dan vitamin dengan komposisi kandungan kalsium, magnesium dan vitamin D3 untuk mendukung pertumbuhan udang. Kandungan Kalsiumnya dapat membantu menyalurkan rangsangan-rangsangan saraf dari satu sel ke sel lainnya dengan cara mengatur pembentukan asetilkolin.


Sedangkan Magnesium berperan sebagai kofaktor kerja enzim dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lipid. Serta Vitamin D3 yang dapat meningkatkan antimicrobial peptide untuk membunuh patogen. Cek informasi lengkap produknya di sini.


Beli Vitamin Udang IntraCalferol Sekarang!


3. Jual Vitamin Udang C Take Stimuno Plus


Vitamin udang C Take Stimuno adalah produk feed additive campuran cakan yang mengandung 12 Vitamin dan koenzim, 7 jenis asam amino, 5 mineral penting dan 3 macam Imunostimulan. Kandungan lengkap yang seimbang pada Stimuno Plus mampu memenuhi kebutuhan mikronutrien esensial untuk pertumbuhan dan kesehatan udang.


Selain itu, pemberian vitamin udang Stimuno Plus juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh (Imunitas) udang, meningkatkan daya cerna dan asupan nutrisi, mengatasi serangan penyakit dan stress, serta mempercepat proses pemulihan pasca molting. Cek produknya di sini.


Beli Vitamin Udang C Take Stimuno Plus Sekarang!


4. Jual Vitamin Udang TOP ET 600


Vitamin Udang TOP ET 600 mengandung Vitamin A, D3, E, K3, Thiamine-HCl, Riboflavin, Stable-C, Pyridoxine-HCl, Niacin, Inositol, Ca-Pantothenate, Folic acid, p-Amino benzoic acid, Cyanocobalamine, Choline chloride, dan Cholesterol.


Didalamnya juga terkandung mineral NaH2PO4, Ca-lactate, Ca (H2PO4)2, Org-Zn, dan Org-Se, serta atraktan Methionin. Vitamin udang ini berfungsi menurunkan stress terhadap lingkungan, meningkatkan nafsu makan, serta membantu mempercepat pertumbuhan. Cek cara lengkap penggunaan produknya di sini.


Beli Vitamin Udang TOP ET 600 Sekarang!


Demikianlah informasi seputar vitamin udang disertai rekomendasi produk unggulannya untuk membantu meningkatkan performa usaha budidaya udang kamu. Semoga bermanfaat!



Jual vitamin udang pilihan lainnya

Jual Vitamin Udang Vitamin C Ikan dan Udang Garuda Mas Kemasan 1 kg

Jual Vitamin Udang C-trex SJA kemasan 1 kg

Jual Vitamin Udang Vitamin C Kemasan 1 kg

Jual Vitamin Udang Vitamin B Kompleks MNP kemasan 1 kg

Jual Vitamin Udang Melacide S-20 kemasan 20 kg

Jual Vitamin Udang Belazyme kemasan 25 kg


Punya cerita menarik saat melakukan pemeliharaan udang?

Yuk, saling berbagi tips dan informasi bersama teman petambak udang lainnya dengan mengirimkan cerita Kamu ke "LensaMina".



Minapoli menjual berbagai produk akuakultur, seperti Pakan Ikan, Pakan Udang, Pakan Alami, Probiotik, Obat&Hormon, Wadah Budidaya serta berbagai produk lainnya dengan harga yang bersaing. Dapatkan produk akuakultur terdekat dari tempat kamu melalui Minapoli Bogor, Minapoli Jakarta, Minapoli Surabaya, atau Minapoli Blitar.



Artikel lainnya

Udang 

Polikultur Udang Galah dengan Bandeng

Trobos Aqua

1139 hari lalu

  • verified icon2697
Udang 

Why Need to Add Minerals to Fish and Shrimp Feed?

Minapoli

1161 hari lalu

  • verified icon3472