4 Kandungan Gizi pada Belut

| Wed, 04 Nov 2020 - 14:16


Belut (Anguilla rostrata) termasuk ‘keluarga’ ikan yang berbentuk seperti ular. Belut yang berkembang biak di air tawar mengandung 18,4g protein, 303kkal kalori, 27g lemak, 20mg zat besi, 20mg kalsium, serta asam lemak Omega-3, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Di Indonesia kita bisa menemukan belut rawa dan belut sawah.


Biasanya belut digoreng, dipanggang, atau dibakar sebelum disajikan sebagai hidangan. Bahkan di Jepang, belut yang disebut unagi sudah diolah ketika dijadikan sushi. Salah satu teknik masak yang populer adalah kabayaki, yaitu belut di-fillet kemudian dipanggang dan dicelup ke dalam saus manis yang gurih.


Baca juga: 6 Manfaat Ikan Bandeng untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi


Berikut ini empat manfaat belut bagi tubuh:

1. Baik untuk otak

DHA dari Omega-3 merupakan nutrisi untuk menjaga kecerdasan otak. Menurut Journal of Alzheimer’s Disease, mengonsumsi ikan dengan kandungan minyak yang tinggi—seperti belut—meningkatkan aliran darah ke otak. Hal ini meningkatkan memori dan proses pembelajaran sehingga dapat mengurangi risiko demensia.


2. Bikin awet muda

Belut yang kaya vitamin A dapat menghambat proses penuaan dan keriput. Sementara EPA dari Omega-3-nya membuat kulit jadi lebih lembut dan kencang. Kelebihan lain belut: memerangi jerawat dan bekerja sebagai tabir surya sehingga menjaga kulit dari radiasi UV.


3. Cadangan energi

Tingginya kalori pada belut menjadikannya asupan yang bagus dalam memenuhi kebutuhan energi bagi tubuh untuk beraktivitas. Namun, batasi konsumsinya jika disantap bersama nasi putih yang mengandung karbo karena berpotensi membuat ngantuk.


Baca juga: 6 Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan dan Kecantikan, Bantu Turunkan Berat Badan


4. Mengurangi sakit datang bulan

Asam lemak Omega-3 pada belut tidak hanya bagus untuk menjaga kerja jantung dan zat besi membantu kepadatan tulang. Banyak penelitian telah membuktikan kalau kedua kandungan tersebut juga baik untuk mengurangi gejala PMS pada wanita. Selain itu arginin pada belut menjadi sumber imun untuk memerangi kanker, terutama kanker payudara.


Catatan:

Sebutan lain untuk belut adalah Freshwater eel (Inggris), Anguille Américaine (Prancis), Anguilla Americana (Italia), Anguila Americana (Spanyol)


Foto: Pixabay/Gumigasuki

Artikel lainnya

Fish2Eat 

Resep Asem-asem Ikan Gabus

Minapoli

182 hari lalu

  • verified icon529
Fish2Eat 

Resep Udang Bakar Madu

Minapoli

630 hari lalu

  • verified icon1513
Fish2Eat 

Resep Tongkol Suwir Petai Pedas

Masak TV

408 hari lalu

  • verified icon615
Fish2Eat 

Resep Tongseng Lele

Minapoli

524 hari lalu

  • verified icon951